+62 822 8303 9857

UPAYA PENERAPAN PENDIDIKANArtikel

$rows[judul] Keterangan Gambar : pdf

UPAYA PENERAPAN PENDIDIKAN

Nurfadillah

amuletartikel@gmail.com

Mahasiswi Ekonomi Syariah Universitas Islam Indragiri

file pdf artikel 

 

ABSTRAK

Pendidikan karakter di beberapa negara sudah mendapatkan prioritas sejak Pendidikan dasar dimulai. Namun, di Indonesia Pendidikan karakter masih di pandang sebagai wacana dan belum menjadi bagian yang terintegrasi dalam Pendidikan formal. Artikel ini membahas tentang pentingnya Pendidikan dalam seperti amerika dan china. Kemudian, dilanjutkan dengan usaha-usaha yang dilakukan oleh jurusan teknik industri UK petra untuk merancang pendidkan karakter yang sistemis dan terintegrasi dalam kurikulum bagi mahasiswa sebagai persiapan menuju kedunia kerja. Usaha tersebut antara lain penetapan Pendidikan karakter sebagai salah satu rencana strategis jurusan, penetapan tim, perancang dan pelaksanaan program Pendidikan karakter, evaluasi, serta usaha perbaikan terus menerus.

Keywords : Pendidikan, Formal, Artikel

 

Pendahuluan

Karakter secara individu  terbentuk sejak dia kecil karena pengaruh genetic dan lingkungan sekitar. Proses pembentukan karakter, baik di sadari maupun tidak, akan mempengaruhi cara individu tersebut memandang diri dan lingkungan nya dan akan tercermin dalam perilakunya sehari-hari.

Universitas sebagai Lembaga Pendidikan tinggi adalah salah satu sumber daya yang penting. Sambil mengevaluasi tujuan kita, sangat lah penting untuk Menyusun kurikulum yang secara jelas memuat Pendidikan katrakter. Namun, semakin singkatnya waktu studi serta mahalnya biaya Pendidikan mendorong mahasiswa menjadi mahasiswa yang rakmatis dalam mencapai cita-citanya. Kegiatan akademik sangat menuntut konsentrasi mahasiswa sehingga porsi bagi kegiatan-kegiatansosial menjadi semakin sedikit. Dorongan untuk berintraksi secara sosial dengan sesama sangat kurang , padahal hal ini sangat penting dalam pembentukan karaktert.

 

Latar belakang

Dalam artikel tentang Pendidikan,seringkali di bahas mengenai pentingnya Pendidikan dalam meningkatkan kualitas hidup individu, mengurangi kesenjangan sosial, memajukan Masyarakat secara  keseluruhan. Artikel semacam ini juga dapat membahas inovasi dalam Pendidikan, selain itu artikel tentang Pendidikan juga dapat mengulas isu-isu kontoversial dalam dunia Pendidikan, serta masalah pendanaan Pendidikan. Artikel semacam ini dapat memberikan wawasan mendalam tentang kondisi Pendidikan saat ini dan Upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu Pendidikan di masa depan.

 

Penjelasan

Artikel pendidikan bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih dalam tentang pendidikan kepada pembaca. Artikel ini dapat ditujukan kepada berbagai audiens, mulai dari siswa, orangtua, guru, hingga praktisi pendidikan. Tujuan utama dari artikel pendidikan adalah untuk memberikan informasi yang relevan, mempromosikan pemikiran kritis, dan mendorong perubahan positif dalam dunia pendidikan.

             Dalam artikel pendidikan, penulis dapat membahas berbagai topik seperti strategi pengajaran yang efektif, pentingnya pendidikan inklusif, peran teknologi dalam pembelajaran, tantangan dalam sistem pendidikan, dan perkembangan terkini dalam bidang pendidikan. Artikel ini juga dapat mengulas penelitian atau studi terbaru yang berkaitan dengan pendidikan.

 

Saran dan kesimpulan

Saran dalam konteks artikel tentang pendidikan dapat berkaitan dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan, memperbaiki sistem pendidikan, atau memaksimalkan manfaat pendidikan. Berikut adalah beberapa saran yang dapat dijelaskan dalam artikel tersebut:

1. Meningkatkan kualitas pengajaran: Mengembangkan pelatihan dan pengembangan profesional untuk guru, memperkuat kurikulum yang relevan dan inovatif, serta memanfaatkan teknologi pendidikan yang canggih dapat membantu meningkatkan kualitas pengajaran di semua tingkatan pendidikan.

2. Mendorong inklusi dan kesetaraan: Memastikan bahwa semua individu, tanpa memandang latar belakang sosial atau kebutuhan khusus, memiliki akses yang adil dan setara terhadap pendidikan. Membangun lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung keberagaman dapat menciptakan kesempatan yangsetara bagi semua peserta didik.

3. Melibatkan orang tua dan masyarakat: Membangun kemitraan yang kuat antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dapat membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung dan memperkuat perkembangan anak. Melibatkan orang tua dalam proses pendidikan dan memperluas keterlibatan masyarakat dapat memberikan dukungan yang lebih luas bagi pendidikan.

4. Mengintegrasikan keterampilan abad ke-21: Memastikan bahwa siswa dilengkapi dengan keterampilan kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan. Integrasi keterampilan abad ke-21 dalam kurikulum dan metode pengajaran dapat membantu siswa mempersiapkan diri dengan baik untuk dunia yang terus berkembang.Kesimpulan dalam artikel tentang pendidikan dapat merangkum pentingnya pendidikan sebagai sarana untuk mencapai kemajuan individu dan masyarakat. Kesimpulan tersebut dapat menekankan bahwa investasi dalam pendidikan adalah investasi jangka panjang yang berdampak positif dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Kesimpulan juga dapat menggarisbawahi perlunya kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan, orang tua, dan masyarakat dalam meningkatkan sistem pendidikan secara keseluruhan. Hal ini dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan memastikan bahwa setiap peserta didik memiliki akses yang adil dan berkualitas tinggi terhadap pendidikan. Selain itu, kesimpulan dapat memberikan dorongan kepada pembaca untuk terus berkomitmen terhadap peningkatan pendidikan, baik sebagai individu maupun sebagai bagian darimasyarakat yang lebih luas.

 

Daftar Pustaka

Ali, M. (2017). Pendidikan Karkter. Surakarta: Solopos.

Arends, R. I. (2013). Belajar untuk Mengajar : Learning to Teach. Jakarta: Salemba

             Humanika.

Askar. (2006). Potensi dan Kekuatan Kecerdasan pada Manusia (IQ, EQ, SQ) dan

             Kaitannya dengan Wahyu. Hunafa, 3, 218.

Asmara, A. (2016). Pengembangan Tes Minat dan Bakat dengan Metode Jaringan

             Syaraf Triuan (JST) untuk Memprediksi Potensi Siswa Bidang Robotika.

             Pendid             ikan Vokasi, 5, 276.

Az-Zuhri, D. N. (2017, Agustus 11). Pro dan Kontra Full Day School. Retrieved

             Agustus 16, 2017, from NU Online: www.nu.or.id



pdf : https://drive.google.com/file/d/15GWN6bW1bR-L5qaqmZ3hO2TfLBaN68tI/view?usp=drivesdk



Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)